Pelatihan Marketplace dan E-Commerce pada UMKM di Desa Labuhan Tangga Kecil
DOI:
https://doi.org/10.54951/comsep.v5i3.692Keywords:
KKN, UMKM, Marketplace, E-Commerce, PengabdianAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pelatihan Penggunaan Aplikasi Marketplace dan E-Commerce oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau untuk meningkatkan strategi pemasaran produk pada UMKM yang ada di Desa Labuhan Tangga Kecil pada tahun 2024. UMKM merupakan suatu usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM berperan sangat penting bagi perkembangan suatu daerah di bidang ekonomi. Adanya pelaku UMKM menjadikan suatu daerah semakin berkembang dan semakin dikenal daerah lain dari hasil daerah yang dipasarkan. Di zaman yang semakin canggih dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin menambah peluang bagi para UMKM untuk memasarkan barang ataupun jasa yang dimilikinya. Oleh karena itu, sangat penting para UMKM untuk mengetahui dan menggunakan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhannya dalam memasarkan barang ataupun jasa yang ditawarkan melalui aplikasi yang ada.