Analisis Penerapan Manajemen Strategi Pada PT. Bank BTPN Tbk Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.54951/sintama.v4i3.720Keywords:
Manajemen strategi, loyalitas nasabah, Bank BTPN, analisis SWOT, transformasi digital, Jenius, perbankan.Abstract
This study analyzes the implementation of strategic management at PT Bank BTPN Tbk in enhancing customer loyalty. The intense competition in the banking sector demands strong innovation and strategies to retain and attract customers. This study uses SWOT analysis to assess the bank's strengths and opportunities, focusing on digital transformation, especially through the Jenius platform. The data used comes from Bank BTPN’s annual reports over the last five years (2018-2023). The results indicate that digital innovation, operational efficiency improvement, and risk management are key factors in maintaining customer loyalty. Each implemented strategy, such as enhancing digital services during the pandemic, successfully increased customer loyalty significantly.
References
Ahmadi, M. A. (2024 ). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank . Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN) , 15-25.
(2019). Annual Report Tahunan 2019. Bank BTPN Tbk.
(2020). Annual Report Tahunan 2020. Bank BTPN Tbk.
(2021). Annual Report Tahunan 2021. Bank BTPN Tbk.
(2022). Annual Report Tahunan 2022. Bank BTPN Tbk.
(2023). Annual Report Tahunan 2023. Bank BTPN Tbk.
Febiola, V., Fasa, M. I., & Suharto. (2023). Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Produk Tabungan Easy Wadiah Pada PT. Bank Syariah Indonesia Tahun 2022. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi (AMBITEK), 97-104.
Kurniawati, W. (2023). PROSES MANAJEMEN STRATEGI. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 1-13.
Masadah, Asngadi, & Singgih, C. T. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BANK SYARIAH DI KABUPATEN JOMBANG YANG DIMEDIASI VARIABEL KEPUASAN . Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance , 197 - 208.
Muslim, Taufik, E. R., & Lutfi. (2020). Mempertahankan Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah (Studi Empirik Nasabah Tabungan Produk Tamasa BPR Serang). SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 232-257.
Niswah, K., & Tambunan, K. (2022). Analisis Strategi Manajemen Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Market Share Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi : Studi BSI KCP Stabat Proklamasi. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1272-1289.
PAMUNGKAS, D. R. (2016). STRATEGI PELAYANAN PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL SYARIAH, TBK DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI MMS KERTOSONO, NGANJUK, JAWA TIMUR. JURNAL REVITALISASI Jurnal Ilmu Manajemen , 54-61.
Subagja, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BTPN Cabang Subang . 121-129.
Tbk., T. I. (2019). Annual Report Tahun 2019. Bank BTPN Tbk.
Umah, K. (2018 ). KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK XYZ. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 79-88.
Widayanto, M. T. (2020). Analisis Penerapan Manajemen Strategik dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Usaha. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) , 173-182.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiffany Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.