Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaa Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Tedaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Authors

  • Nita Pratiwi Universitas Negeri Medan
  • Jihen Ginting Universitas Negeri Medan

Keywords:

Firm Value, Profitability, Leverage, Company Size, Sales Growth

Abstract

In this study, the researchers aimed to determine the effect of Profitability , Leverage , Company Size and Sales Growth on firm value in manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in 201 6 -2018. The study population i ni is a company manufacturing sub- sector of industrial goods consumption y ang listed on the Stock Exchange in 201 6 -201 8 as much as 50 perusahaa n. The research sample was 18 companies with purposive sampling method , with quantitative research type. The data used is secondary data, the company's financial statements were obtained from www.idx.co.id., https://finance.yahoo.com, or from the company's official website. This study uses linear regression analysis techniques and uses the SPSS version 2 5 statistical test . Outcome of this study showed that partially that profitability impact on the value of the company by the value of sig 0.001. Leverage does not impact significantly on the value of the company by the value of sig 0.670. The size of the Company's influence on the value of the company by the value of sig 0,000. Growth Sales no effect on the value of the company by the value of sig 0.344. And are simultaneously profitability, leverage, size of the company and the growth of sales impact on the value of the company by the value of sig 0,000. The conclusion in this study is that partially the profitability variable has a significant effect on firm value, the leverage variable has no significant effect on firm value, the firm size variable hasa significant effect on firm value, sales growth has no significant effect on firm value, and simultaneously the variable profitability , leverage, company size, and sales growth simultaneously (jointly) affect firm value.

References

Astohar, 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervering. Among Makarti Vol.10 No. 20.

Bambang Riyanto, 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPEF

Brigham, Eugenef dan Joel F. Houstn. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Jakarta ; Salemba Empat

Daniel, Niko Ulfandri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan likuiditas terhadap luas pengungkapan laporan keuangan. Artikel penelitian. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang.

Dewi, Ida AyuPuspitaTrisna. I KetutSujana.(2019). PengaruhLikuiditas, PertumbuhanPenjualandanRisikoBisnisTerhadapNilai Perusahaan.JurnalAkuntansi. vol.26, 85-110

Dramawan, I. D. (2015). Pengaruh Resiko Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan Penjualan Pada Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Property. Jurnal Buletin Studi Ekonomi.

Ernawati, Dewi dan Dini WIdyawati. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen.

Fahmi, Irham.(2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fakhruddin, M dan Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Jakarta: Gramedia

Febriyanto, F. 2018. The Effect of Leverage, Sales Growth and Liquidity To The Firm Value Of Real Estate And Property Sector in Indonesia Stock Exchange.

Hery. 2017. KajianRisetAkuntansi. Jakarta: Grasindo.

Hery. 2016. AnalisisLaporanKeuangan. Jakarta. Grasindo.

Inrawan, A., Jubi, Silitonga, H. P., & Sudirman, A. (2020). Pengaruh Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri Pada Pkpri Di Kabupaten Simalungun. 5(01), 1–15.

Inrawan, A., Silitonga, H. P., & Sudirman, A. (2020). Analisa Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Tingkat Return on Equity. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 144–154. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.197

Ignatius, L. Bonar, M. SinagadanHendro (2017) PengaruhProfitabilitas, Struktur Modal Dan LikuiditasTerhadapNilai Perusahaan.JurnalAplikasiBisnis Dan Manajemen. Vol. 3.No. 3.

Kasmir. 2018. AnalisaLaporanKeuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Keown, Arthur J. et. al Manajemen Keuangan ; Prinsip dan Penerapan. Jakarta : PT. Indeks. 2010.

Kusmaningrum, S. (2016).PengaruhStruktur Modal, Profitabilitas Dan Growth Opportunity TerhadapNilai Perusahaan (StudiEmpiris Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)

Kusumajaya, D. K. 2011. PengaruhStruktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan TerhadapProfitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.(Tesis). Denpasar (ID): Program PascaSarjanaUndayana

Kosimimpang, Anum Dian. 2017. PengaruhProfitabilitas, UkuranperusahaanTerhadapNilai Perusahaan DenganVariabelStruktur Modal SebagaiVariabel Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2012-2016.

Mahatma Dewi, Ayu Sri dan Ari Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 4(2). pp : 358-372.

Meidiyustiani, Rinny. 2016. Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek In-donesia (BEI) Periode Tahun 2010 – 2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 5. No.2.

Nurminda, Isynuwardhana, Dan Nurbaiti. 2017. PengaruhProfitabilitas, leverage, danUkuran Perusahaan terhadapNilai Perusahaan. e-Proceeding of Manajemen : Vol.4, No.1.

Novari, Putu MikhydanPutuVivi Lestari. 2016. PengaruhUkuran Perusahaan, Leverage, danProfitabilitasTerhadapNilai Perusahaan SektorPropertidan Real Estate. JurnalFakultasEkonomidanBisnisUniversitasUndayana Bali. 5(9): 5671-5694.

Pantow, Murni, &Trang. 2015. Analisa, PertumbuhanPenjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, danStruktur Modal TerhadapNilaiperusahaan

Prasetyorini, BhektiFitri. 2013. PengaruhUkuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio, danProfitabilitasTerhadapNilai Perusahaan.JurnalIlmuManajemen. Vol. 1, No.1.

Waston, J Fred dan Copeland, Thomase .2001.ManajemenKeuanganJilid 1 Edisi ke-9 Jakarta BinarupaAksara.

Rahayu, Maryati. Bida Sari. 2018. Faktor-Faktor Yang MempengaruhiNilai Perusahaan. Vol. 2.No. 2.

Ramadhani, Ridho. Akhmadi. M. K. 2018. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016). JRBMT. Vol. 2. No . 1 Page 21-42.

Rehulina, Novi Sitepu dan Handoyo C Wibisono, (2014). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2009-2013. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rinnaya, Rita, danAbrarOemar. 2016. PengaruhProfitabilitas, RasioAktivitas, KeputusanPendanaan, KeputusanInvestasi, terhadapNilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014. Jurnal of Accounting, Vol. 2 No. 2

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar – DasarPembelajaran Perusahaan. Yogyakarta : BPEF.

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Sudiarta, Gede Merta. 2016. Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. E-jurnal manajemen unud. Vol . 5 no. 7 Page : 4394- 4422. ISSN. 2302-8912.

Pantow, Murni&Trang (2015). Analisa, PertumbuhanPenjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset danStruktur modal, terhadapNilai Perusahaan yang tercatat di indeks LQ-45. Jurnal EMBA.

Saputra, H. G. 2015. Pengaruh Leverage, Firm Size, Insider Ownership, Cash Holding, dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Property, Real Estate, & Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia . Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan KeuanganInternasional. Yogyakarta: BPFE.

Sari, ZulfiaEka. 2013. PengaruhProfitabilitas, Leverage, Economic value Added danResikoSistematisTerhadapNilai Perusahaan (StudiEmpirisPada Perusahaan Kategori LQ45 yang Terdaftar Di BEI). FakultasEkonomiUniversitasNegeriPadang : Padang

Sihombing, G. 2008. Kaya danPintarJadi Trader dan Investor Saham. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sucuachi, Wiliam and Jay Mark Cambarihan. 2016. Influence of Profitability To The Firm Value Of Diversified Companies In The Philippines. Accounting and Financial Research 5(2): pp: 149-153.

Sugiyono. 2010. Metodologi PenelitianKuantitatifKualitatifdan RND. Bandung:Alfabeta

Yulius, Christiawan Jogi dan Josua Tarigan. 2007. Kepemilikan manajerial : kebijakan hutang, kinerja dan nilai perusahaan .Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.9 . No. 1.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Pratiwi, N., & Ginting, J. . (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaa Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Tedaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 106-117. Retrieved from https://jurnal.adai.or.id/index.php/sintamai/article/view/142