Tren Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Pembelajaran Mahasiswa: Kajian Literatur

Authors

  • Febri Yollanda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ramona Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.54951/sintama.v4i2.633

Keywords:

Artificial Intelligence, Learning, Opportunities, Challanges

Abstract

This article examines the trend of using artificial intelligence (AI) to enhance student learning and the opportunities and challenges that arise in the digital era. A literature review was conducted using the PRISMA method to identify and analyze related studies. The results show that AI has great potential in personalizing learning, increasing access to learning materials, and providing real-time feedback. However, challenges such as technology gaps, privacy issues, and user readiness remain barriers that must be overcome. This study used the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) method, and data for this study were collected from Google Scholar using predetermined keywords related to AI and higher education. The results of this study show that AI can enhance student learning through personalization, better access to learning materials, and real-time evaluation. Challenges such as technology gaps, privacy, and user readiness need to be addressed to maximize the benefits of AI in education. Further research and collaboration between educational institutions, technology developers, and governments are needed to overcome these barriers and capitalize on the existing opportunities

References

Amelia, I., Azzahra, Y. N., Abda, A., & Azmi, Z. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Akuntansi: Kajian Literatur Review. Akuntansi, 3(1), 129-140.

Andriyani, W., Purnomo, R., Hendrawan, S. A., Irvani, A. I., Sujarwo, A., Asri, Y. N., ... & Lubis, H. (2024). Data Sebagai Fondasi Kecerdasan Buatan. TOHAR MEDIA.

Arnold, K. E., & Pistilli, M. D. (2012). Sinyal kursus di Purdue: Menggunakan analisis pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan siswa. Prosiding Konferensi Internasional ke-2 tentang Analisis Pembelajaran dan Pengetahuan.

Azizah, N., Sinulingga, S. M., Sari, O., & Azmi, Z. (2024). Bagaimana Literasi Mahasiswa Mengenai Artificial Intelligence?. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 5(1), 29-38.

Azmi, Z., Pernando, O. R., Putri, Y. A., & Putri, N. A. (2024). Kemanfaatan Artificial Intelligence Bagi Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 3(1), 92-99.

Barr, M., & Harrison, J. (2021). Mengatasi masalah privasi dalam penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan tinggi: Pertimbangan kebijakan dan mekanisme perlindungan. Jurnal Privasi & Keamanan Informasi, 17(3), 89-104.

Dede, C. (2009). Imersi dan keterlibatan dalam dunia virtual. Sains, 323(5910), 66-69.

Fatmawati, F., Sari, M. N., Setianti, Y., Saleh, K., & Pitra, D. H. (2024). Peran Artificial intelligence (AI) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 20148-20157.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Goel, S., & Vohra, V. (2020). Berinvestasi dalam infrastruktur teknologi dan pelatihan guru untuk integrasi kecerdasan buatan yang efektif dalam pendidikan tinggi. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Tinggi, 17(3), 78-92.

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Pembelajaran mendalam. MIT Press.

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121-13129.

Jing, L., & Li, Y. (2023). Meningkatkan kesiapan guru untuk kecerdasan buatan dalam pendidikan tinggi: Peran pendidikan dan pelatihan berkelanjutan. Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 71(1), 45-62.

Kaur, H., & Khurana, P. (2023). Tantangan penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan: Privasi, etika, dan kesenjangan keterampilan instruktur. Komputer & Pendidikan, 150, 104821.

Kiron. (2020). Penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan tinggi: Peluang dan tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 45-58.

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Pembelajaran mendalam. Nature, 521(7553), 436-444.

Lee, H., Yoon, S., & Lee, J. (2022). Analisis prediktif dalam pendidikan tinggi: Memanfaatkan kecerdasan buatan untuk intervensi pembelajaran yang dipersonalisasi. Komputer dalam Perilaku Manusia, 124, 106543.Makridakis, S., Spiliotopoulos, T., & Assimakopoulos, V. (2021). Transformasi pendidikan tinggi melalui kecerdasan buatan: Solusi adaptif untuk pembelajaran yang dipersonalisasi. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan Tinggi, 18(3), 112-130.

Liani, E. V., Soleha, U., Nurrahmadani, W., & Azmi, Z. (2024). Peran Dinamika Technology AI & Praktik Akuntansi Berkelanjutan Dalam Organisasi Universitas. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 195-205.

Loizzo, J., Elinich, K., & Thurmond, V. (2019). Meningkatkan pembelajaran melalui kecerdasan buatan: Peluang dan tantangan dalam pendidikan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Masyarakat, 22(4), 154-167.

Luan, J., Liu, H., Zhao, H., & Yin, Y. (2018). Desain sistem pendukung keputusan cerdas untuk penjadwalan mata kuliah menggunakan algoritma hibrida baru. Applied Soft Computing, 64, 100-109.

McCarthy, J., Minsky, M. L., Rochester, N., & Shannon, C. E. (1956). Sebuah proposal untuk Proyek Penelitian Musim Panas Dartmouth tentang Kecerdasan Buatan. Majalah AI, 27(4), 12-14.

Newell, A., & Simon, H. A. (1958). Ahli Teori Logika: Studi kasus dalam heuristik. Prosiding Konferensi Komputer Gabungan Barat, 74-82.

Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).

Qurtubi, A., Ramli, A., Mahmudah, F. N., Suwarsito, S., & Nasril, N. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 285-293.

Rifky, S. (2024). Dampak penggunaan artificial intelligence bagi pendidikan tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37-42.

Siemens, G., & Long, P. (2011). Menembus kabut: Analisis dalam pembelajaran dan pendidikan. Tinjauan EDUCAUSE, 46(5), 30-32.

Simanjuntak, E. N., Irmayani, D., & Nasution, F. A. (2024). Tinjauan Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Keamanan Jaringan Tantangan Dan Prospek Masa Depan. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 7(2), 370-375.

Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192-198.

Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745-26757.

Turing, A. M. (1950). Mesin Komputasi dan Kecerdasan. Pikiran, 59(236), 433-460.

Wang, Y., & Baker, R. (2015). Tinjauan konten dan rekomendasi jalur pembelajaran melalui pemrograman linier. Prosiding Konferensi Internasional ke-8 tentang Penambangan Data Pendidikan.

Yahya, M., & Hidayat, A. (2023, July). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 190-199).

Yandra, R., Mahfudnurnajamuddin, M., & Suriyanti, S. (2024). Implementasi Teknologi dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Journal of Education Research, 5(2), 2008-2024.

Yulianti, G., Bernardi, B., Permana, N., & Wijayanti, F. A. K. W. (2023). Transformasi Pendidikan Indonesia: Menerapkan Potensi Kecerdasan Buatan (AI). Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 102-106.

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Yollanda, F., & Ramona. (2024). Tren Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Pembelajaran Mahasiswa: Kajian Literatur. Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 225-234. https://doi.org/10.54951/sintama.v4i2.633